Jumat, 26 Februari 2010

Metode POD Resume 3

Metode Pendidikan Orang Dewasa

A. Pendahuluan
Ditinjau dari 2 sudut:
1. kontinum proses belajar
2. jenis pertemuan yang dilakukan dalam POD

B. Kontinum Proses Belajar
Metode dipilih berdasarkan tujuan pendidikan, yaitu:
1. Membantu orang menata pengalaman masa lalu melalui cara baru
2. Memberikan pengetahuan atau keterampilan baru

Hal-hal yang dipengaruhi:
1. Persiapan dan orientasi bagi proses belajar
2. Suasana dan kecepatan belajar
3. Peran dan sikap pembimbing
4. Peran dan sikap peserta didik
5. Metode yang diterapkan agar usaha belajar berhasil.

C. Pemilihan Jenis Pertemuan
Menurut Morgan et al (1976)
1. Usaha atau kegiatannya
2. Tugas
3. Siapa sasarannya
4. Bagaimana menyampaikan
5. Masalah yang mungkin timbul

Jenis Pertemuan:
1. Institusi
2. Konvensi
3. Konferensi
4. Lokakarya
5. Seminar
6. Kursus Kilat
7. Kuliah Bersambung
8. Kelas Formal
9. Diskusi Terbuka

D. Merencanakan Pertemuan
Morgan (1976):
1. Tahap pendahuluan untuk menghubungi orang
2. Cara menerima peserta
3. Apa yang akan terjadi dalam pertemuan
4. Cara mengevaluasi pertemuan

E. Metode dalam Pertemuan
1. Penyajian Formal. Semua berlangsung satu arah, dari pembicaraan kepada peserta
a. Ceramah atau kuliah
b. Simposium
c. Diskusi panel
d. Kolokium

2. Teknik diskusi
a. Diskusi terbuka
b. Diskusi kelompok dengan wakil pimpinan
c. Sesi Buzz
d. Teknik "Philips 66"
e. Tim pimpinan
f. Tim pendengar
g. Bermain peran
h. Skit drama
i. Curah pendapat
j. Diskusi informal
k. Debat
l. Diskusi Mangkuk ikan
m. Teknik Kelompok nominal
n. Forum

3. Demonstarsi dan Laboratorium

4. Widyawisata

5. Komunikasi Tertulis

Referensi : Suprijanto. 2005. Pendidikan Orang Dewasa – Dari Teori hingga Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.

0 komentar:

Posting Komentar