Minggu, 07 Februari 2010

Tujuan dan Pertimbangan Filosofis POD Resume 1

Tujuan Pendidikan Orang Dewasa

Menurut Houle (1972):

1. Memusatkan pada tujuan

-->Pendidikan orang dewasa merupakan gerakan yang disatukan oleh suatu usaha bersama untuk mencapai satu tujuan yang mencangkup semuanya

2. Memenuhi kebutuhan dan minat

-->Mengetahui apa yang mereka butuhkan untuk diberikan kepada orang dewasa

3. Menyerupai sekolahan

-->Pendidikan orang dewasa seperti halnya anak-anak dalam bentuk yang serupa

4. Menguatkan kepemimpinan

-->Pengembangan pemimpin-pemimpin yang tangguh dalam bidangnya.

5. Mengembangkan lembaga pendidikan orang dewasa

-->Pengembangan kegiatan dalam lembaga pendidikan orang dewasa dan mengembangkan hubungan diantara lembaga

6. Meningkatkan informalitas

-->Memahami dirinya sebagai musuh dari sistematisasi.

Menurut Bergeivin

1. Untuk membantu pelajar mencapai kebahagiaan dan makna kehidupan

2. Membantu pelajar memahami dirinya, bakatnya, dan keterbatasannya serta hubungan dengan orang lain.

3. Membantu orang dewasa mengenali dan memahami kebutuhan belajar seumur hidup

4. Memberikan kondisi dan kesempatan dalam rangka membantu orang dewasa mencapai kemajuan dalam proses pematangan

5. Memberikan jika dibutuhkan, pendidikan bagi kelangsungan hidup tentang kemampuan baca-tulis, keterampilan kejujuran, dan kesehatan

Tujuan Orang Dewasa:

1. Membatu orang-orang melakukan penyesuaian psikologis terhadap kondisi sosial dan dunia alamiah mereka dengan melengkapi aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

2. Melengkapi orang dewasa dengan keterampilan-keterampilan yang diperlukan guna menemukan dan memecahkan masalah.

3. Membantu orang dewasa merubah kondisi sosial mereka

4. Membantu orang dewasa menjadi bebas, individu-individu otonom.

Pertimbangan Filosofis Pendidikan Orang Dewasa

· Membimbing seseorang untuk mengetahui prinsip-prinsip apa yang harus atau yang akan dilakukan.

· Berpikir filosofis berdasarkan 2 pendekatan:

1. Pendekatan ilmiah

-->Memilih suatu masalah spesifik pendidikan dan dengan membatasi variabel secara hati-hati dan kemudian mencoba menentukan keterkaitan antara satu sama lain.

2. Pendekatan filosofis

-->Suatu cara pandang yang sangat kompleks, karena berbagai informasi dari berbagai sumber akan dicakup dalam pendekatan ini. Alasan:

1) Perlu ada acuan pertanyaan apabila ingin menetapkan program yang akan datang

2) Pendidik orang dewasa sering kali merasa bagian kecil dari suatu lembaga

3) Pendidikan membutuhkan landasan untuk menilai keterkaitan antar persoalan/ masalah

4) Pendidik perlu melihat keterkaitan antara pendidikan orang dewasa dengan aktivitas masyarakat

5) Suatu cara berpikir filosofis yang dikembangkan dengan pertanyaan mendasar

-->Dimensi filsafat

1) Dimensi yang menunjuk pada pengertian macam-macam filsafat baik yang tradisional maupun kontemporer

2) Dimensi proses, yang menunjuk tentang bimbingan berpikir yang sistematis dan terorganisir

-->Kerangka kerja berpikir filsafat

1. Pebelajar mengembangkan metode berpikir filsafat bagi pendidikan orang dewasa dalam diri seseorang

2. Seluruh tujuan dari pendidik orang dewasa

3. Materi isi atau materi pokok

4. Proses belajar

0 komentar:

Posting Komentar