Jumat, 26 Februari 2010

Andragogi Respon Individu 1

secara singkat saya memahami materi sebagai berikut:
Andragogi adalah proses pendidikan bagi seluruh orang dewasa baik dia cacat atau tidak.

Karakteristik POD:
1. Pengalaman
2. Motivasi
3. Peranan dan tanggung jawab
4. Kurang kepercayaan
5. Ide beragam
6. Bermakna

Dalam POD kita menekankan :
1. Konsep diri : perlakuan kita terhadap orang dewasa
2. Pengalaman : bahwa orang dewasa memiliki pengalaman yang banyak
3. Kesiapan belajar: tuntutan peranan
4. Orientasi belajar : aplikatif

Tujuan POD:
1. Untuk membantu mencapai kebahagiaan dan makna kehidupan
2. Membantu memahami dirinya, bakatnya, dan keterbatasannya serta hubungan dengan orang lain.
3. Membantu mengenali dan memahami kebutuhan belajar seumur hidup
4. Memberikan kondisi dan kesempatan dalam membantu orang dewasa mencapai kemajuan dalam proses pematangan

Prinsip POD:
1. Latihan: melakukan aktivitas
2. Hubungan: menghubungkan kejadian yang lalu
3. Akibat: respon terhadap pembelajaran
4. Kesiapan: memperhatikan pembelajaran

Perspektif teoritis:
1. Carl Rogers : hubungan interpersonal dan sikap dalam belajar
2. Paulo Freire : belajar demi meningkatkan martabat
3. Robert M.Gagne : jenis belajar
4. Jack Mezirow : pendidikan sebagai kebebasan
5. Malcom Knowles: POD membutuhkan guru dan metode khusus.

Saya tidak mengerti mengenai pendekatan yang digunakan dalam POD ini. Yang membuat keempat pendekatan ini berbeda apanya sepertinya keempat ini sama dalam hal fokus materi yang dibahas adalah masalah baik itu di perumusan masalah, proyektif, appersepsi-interaksi dan perwujudan diri sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar