Senin, 01 Maret 2010

Komunikasi POD resume 5

Komunikasi Tertulis Dalam POD

Tujuan tulisan: untuk menarik perhatian terhadap beberapa jenis komunikasi tertulis yang paling sering digunakan oleh pendidik.
Bentuk tulisan tertulis:
1. Laporan Berkala & Surat Edaran
Laporan berkala : laporan yang dikirim secara pribadi kepada orang banyak.
Surat edaran : memfokuskan pada peristiwa, kejadian, atau keadaan lingkungan, digunakan untuk memperkuat dan mendorong pelaksanaan pertemuan.

2. Berita
adalah artikel yang dicetak dalam surat kabar lokal.
Menurut Behrens & Evans (1984) apa yang akan dicetak:
1) Ketepatan waktu
2) Kedekatan
3) Akibat/Pengaruh
4) Menonjol
5) Pusat perhatian orang
6) Kebijakan surat kabar

3. Buletin, Folder, Leaflet, atau Pamflet
adalah informasi tertulis mengenai subjek khusus yang panjangnya bervariasi.
Pesan yang terkandung didalamnya harus jelas dan lengkap, singkat tetapi tidak dibuat-buat. Dapat digunakan secara tersendiri atau dikombinasikan dengan metode visual yang lain.

4. Poster
adalah lembar kertas atau karton dengan ilustrasi dan biasanya hanya menggunakan sedikit kata-kata. Saran agar poster lebih menarik:
a. Tentukan sasarannya
b. Tempatkan kata dan gambar yang merepresentatifkan pesan
c. Usahakan menggunakan slogan
d. Gambarkan secara kasar dengan ukuran kecil
e. Gunakan huruf balok dan warna

5. Menulis Cepat
Tips menulis cepat oleh Read et al (1976)
1) tulis dengan simpel dan jelas
2) Pahami pembaca
3) Miliki rencana
4) Buat draft kasar
5) Pilih kata sederhana
6) Katakan dengan sederhana
7) Beri tanda baca untuk memperjelas
8) Jangan terlalu sering menggunakan huruf besar
9) Diri sendiri sebagai editor
10) Minta persetujuan
11) Selesaikan tepat waktu

6. Menulis agar mudah dibaca
Menurut Read, et al (1976), hal yang perlu diperhatikan:
a. Seperti bercakap-cakap
b. Gunakan kata-kata pendek
c. Gunakan kata-kata personal
d. Gunakan kalimat pendek
e. Gunakan paragraf pendek
f. Susun kalimat secara logis
g. Cek hal penting:
Tata bahasa campuran
Peubah yang berayun
Berlebihan
Kata abstrak
Membatasi
Berbelit-belit
Susunan yang tercampur

Referensi : Suprijanto. 2005. Pendidikan Orang Dewasa – Dari Teori hingga Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.

0 komentar:

Posting Komentar