Rabu, 24 Februari 2010

Alat Bantu POD resume 4

Alat Bantu Audiovisual Pendidikan Orang Dewasa

A. Pendahuluan

Alat bantu audiovisual : alat yang dipergunakan dalam belajar untuk membantu tulisan dan kata yang diucapkan dalam menularkan pengetahuan, sikap, dan ide.

B. Posisi Alat Bantu dalam Pengajaran

Menurut Morgan et al (1976) efektifitas pengajaran tergantung pada pengertian yang jelas. Artinya, tidak hanya tergantung pada alat bantu visual atau ucapan saja, tetapi dapat dilakukan dengan mengombinasi keduanya sesuai keinginan.

1. Kesalahan Persepsi Alat Bantu Audiovisual (ABAV)

· ABAV bukan suatu bentuk pendidikan tersendiri.

· ABAV bukan hanya berupa gambar hidup.

· Tujuan utama ABAV bukan untuk hiburan.

· ABAV bukan sesuatu yang baru

· ABAV bukan obat untuk mengatasi seluruh hambatan pengajaran.

2. Manfaat ABAV

· Membantu memberikan konsep benar

· Mendorong minat

· Meningkatkan pengertian baik

· Melengkapi sumber belajar lain

· Menambah variasi metode mengajar

· Menghemat waktu

· Meningkatkan keinginantahuan

· Membuat ingatan terhadap pelajaran lama

· Memberikan konsep baru

C. Prinsip Penggunaan ABAV

Menentukan dan menggunakan ABAV:

1. Menentukan Alat Bantu yang Digunakan

Pemilihan alat bantu terbaik pada waktu tertentu mungkin menjadi masalah, terutama untuk pembimbing yang kurang berpengalaman.

2. Menggunakan ABAV

· Bahan terarah

· Sajikan pada waktu yang tepat

· Tahu cara menggunakan

· Alat bantu untuk mengajarkan sesuatu

· Dorong partisipasi pelajar

· Rencanakan penggunaan alat bantu

· Gunakan beberapa alat bantu

· Gunakan dan simpan dengan baik

D. Film, Slide, dan Filmstrip

Film : rangkaian gambar mati pada rol film

Slide : paling popular dan serbaguna dapat digunakan dalam penyuluhan.

Filmstrip: serangkaian foto yang tersusun pada film dengan panjang tertentu, diproyeksikan dengan proyektor khusus.

Sumber: arsip perpustakaan, instansi program penyuluhan POD.

E. Tape Recorder

Efektif dalam pengajaran, mudah dibawa, digunakan, dan disimpan. Berisi diskusi, seminar, konvensi, konferensi, dan lokakarya. Memerlukan perencanaan yang cermat dalam produksi dan penggunaannya.

F. Televisi & Video Tape

TV pendidikan harganya mahal. Menurut Bahrens & Evans (1984) TV instruksional berbeda dengan TV penyiaran yaitu dalam hal materinya, yang tidak didesain untuk didistribusikan oleh stasiun penyiaran massa.

Video tape digunakan untuk melatih penyuluh dalam pelatihan kerja atau penyegaran. Memungkinkan menayangkan objek berupa gambar, demonstrasi, ilustrasi dan penjelasan.

G. Radio

Kelebihan

Kelemahan

· Memberikan kesegaran

· Menjangkau orang banyak

· Pendengar membawanya kemanapun

· Pendengar tidak menunjukkan

· kembali apa yang telah didengar.

Ada 2 jenis:

1. Siaran terbuka

2. Kelompok pendengar siaran terbuka

Sumber: kejadian, aktivitas mingguan, masalah dan pokok bahasan yang tepat, pengalaman orang, laporan cuaca.

H. Overhead Projector

Merencanakan program pengajaran dengan menggunakan transparasi.

Mempersiapkan transparasi:

1. Menulis dengan tangan

2. Dengan menggunakan mesin fotokopi

3. Dengan computer

I. LCD Projection Panel

Persiapan bahan

Power point

Cara menyajikan

komputer

Penampilan

Berwarna

J. Papan Tulis, Chart, dan Peta

Merupakan ABAV yang utama. Dan penggunaannya hampir sama.

K. Papan Planel

Biasanya bervariasi menurut tipe konstruksi dan bahan yang digunakan. Banyak warna planel yang tersedia.

L. Pameran

Sarana untuk menarik dan menumbuhkan minat. Digunakan saat pekan raya, dalam etalase toko, atau tempat lain.

M. Benda

Benda yang sering digunakan sebagai alat bantu antara lain contoh atau barang asli, model, dan spesimen.


Referensi : Suprijanto. 2005. Pendidikan Orang Dewasa – Dari Teori hingga Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.

0 komentar:

Posting Komentar