Keyakinan Proses Belajar Orang Dewasa
1. Tujuan-tujuan instruksional
-->Hubungannya dengan pengalaman atau kegiatan-kegiatan belajar yang khusus, yang berada tetapi jelas berhubungan dengan tujuan menyeluruh dari pendidikan untuk orang dewasa.
-->Alasan:
1) Tujuan-tujuan itu dapat berperan sebagai pemandu untuk mengorganisasikan tindakan dan mengarahkan disain pengalaman belajar
2) Tujuan-tujuan itu dapat berperan sebagai dasar penentuan hasil-hasil kegiatan belajar, membandingkan apa yang terjadi dengan yang direncanakan.
2. Proses Belajar
-->3 pendapat utama:
1) Belajar adalah latihan pikiran dan pengumpulan kebenaran dasar (disiplin mental)
Teori alternatif belajar merupakan ringkasan dari setiap teori belajar yang terkait dengan sifat manusia dan tujuan pendidikan
Tujuan: mengembangkan kekuatan akal yang tersirat yang terletak dalam pikiran manusia dan diisi oleh pengetahuan
2) Belajar adalah pengkondisian (conditioning) atau penguatan
Belajar terdiri dari kesan dari pola reaksi yang baru pada organisme yang lembut dan pasif. Lingkungan sebagian timbul akibat dari saling mempengaruhi antara organisme dan lingkungan.
3) Belajar adalah pengembangan pengertian (Gestalt-Field)
Fokus “insight” (wawasan) jika menjelaskan belajar. Belajar dipandang sebagai proses pengembangan wawasan baru atau memodifikasi wawasan lama.
Perspektif Teoritis Belajar Orang Dewasa
a. Carl Rogers
-->Latihan sensitivitas dimaksudkan untuk membantu pebelajar berbagi rasa kedalam penjagaan sikap dan hubungan interpersonal diantara mereka.
-->Berpusat pada pebelajar discovery method
-->Fokus pendekatan interaksi personal antara sumber belajar pembelajar dengan pebelajar serta pengalaman belajar.
b. Paulo Freire
-->Seseorang hendaknya berusaha memperbaiki dan meningkatkan martabatnya sebagai manusia, dipihak lain ada golongan yang menggunakan manusia sebagai alat atau perkakas.
-->Prinsip conscientiziation:
1) Ridak seorang pun yang dapat mengajar siapa pun juga
2) Tidak seorang pun yang belajar sendiri
3) Orang-orang harus belajar bersama, bertindak didalam dan pada dunia mereka.
c. Robert M. Gagne
-->Tipe belajar
1) Belajar berisyarat
Dalam bentuk sikap dan prasangka
2) Belajar stimulus-respon
Rangkaian motorik dan verbal
3) Rangkaian motorik
Belajar keterampilan
4) Rangkaian verbal
Belajar dengan cara menghapal (rote learning)
5) Diskriminasi berganda
Keterampilan intelektual berupa kemampuan membedakan antara beberapa jenis gejala yang serupa.
6) Belajar konsep
Kemampuan berpikir abstrak yang mulai dipelajari pada masa remaja
7) Belajar aturan
Kemampuan merespon terhadap keseluruhan isyarat
8) Pemecahan masalah
Menemukan jawaban terhadap situasi problematik
d. Jack Mezirow
-->Pendidikan sebagai suatu kekuatan pembebasan individu dari belenggu dominasi budaya penjajah, namun ia melihat kemerdekaan dari perspektif yang lebih bersifat psikologis.
e. Malcom Knowles
-->Bapak andragogi
-->Pendidikan orang dewasa membutuhkan guru-guru khusus, metode dan filsafat khusus.
-->Asumsi knowles
1) Orang dewasa dapat belajar
2) Belajar adalah suatu proses internal
Yusnaidi,. Pendidikan Orang Dewasa. Medan:PPS UNIMED
1 komentar:
Lili, saya sudah membaca 4 resume-mu. Effort yang baik. Saya sarankan, edit sedikit dimana kata serapan kamu buat cetak miring (italic).
Jika sudah, coba kamu beri argumentasi dari pertanyaan saya ini: apakah kamu memahami apa yang kamu resume di masing-masing judul?
Jika ya, coba untuk masing-masing judul buat uraian dengan kata-katamu sendiri. Kemudian posting dengan label 'Andragogi Respon Individu 1 (ya)'.
Jika kamu sesungguhnya tidak paham, jelaskan apa sebabnya dan dibagian mana yang tidak paham. Posting dengan label 'Andragogi Respon Individu 1 (tidak).
Sudah harus diposting sebelum tgl 26 Feb 2010 ya.
thanks,
take care.
Posting Komentar